Rumpun Lampung

Rumpun Bahasa Lampung, adalah bagian dari bahasa Malayo-Polynesian, yang dituturkan di provinsi Lampung di ujung selatan Sumatra. Ini adalah sekelompok dialek dengan dua dialek utama, mungkin cukup berbeda untuk dipertimbangkan sebagai bahasa yang berbeda: Abung / Pepadun (Lampung Nyow) dan Pesisir / Tanggapan Batin (Lampung Api).
Bahasa Komering di Sumatra Selatan, kadang-kadang dianggap sebagai bagian dari Lampung Api, tetapi sebenarnya Bahasa Komering adalah dialek tersendiri dan berbeda dengan dialek Bahasa Lampung Api.
Sebelum pengenalan script Romawi, Bahasa Lampung ditulis dalam naskah yang disebut "Aksara Lampung", yang merupakan varian dari skrip Ulu digunakan di seluruh pusat dan selatan Sumatra.


Lampung 
·   Lampung Api (Indonesia (Sumatra))
·   Lampung Nyo (Indonesia (Sumatra))
·   Komering (Indonesia (Sumatra))



No comments:

Post a Comment

Apabila ada "kata" atau "arti" yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, atau kami salah mengartikan untuk kamus sederhana yang kami sampaikan di blog ini. Karena keterbatasan atau kesalahan dari sumber/ referensi yang kami dapat. Mohon kiranya untuk memberi koreksi kesalahan dan agar segera kami memperbaikinya.
Salam